Pendekatan Pembelajaran

  1. Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses

 

  1. Pendekatan CBSA

Menurut Dimyati (2002), pendekatan CBSA adalah aturan pembelajaran yang mengarah pada pengoptimalan pelibatan intelektual-emosional siswa dalam proses pembelajaran dengan pelibatan fisik siswa apabila diperlukan.

Ada 7 dimensi proses belajar mengajar di kelas dimana terdapat variasi kadar ke-CBSA’an dikemukakan oleh Mc. Keachie (1950), sebagai berikut:

  1. Partisipasi sisawa dapat menentukan tujuan kegiatan belajar mengajar.
  2. Penekanan pada aspek afektif dalam pengajaran.
  3. Partisipasi siswa dalam melaksanakan kegiatan, utamanya yang berbentuk interaksi antar siswa.
  4. Penerimaan guru terhadap perbuatan siswa yang kurang relevan atau yang salah.
  5. Keeratan hubungan kelas sebagai kelompok.
  6. Kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk mengambil keputusan yang penting dalam kegiatan di kelas.
  7. Jumlah waktu yang digunakan untuk menangani masalah pribadi siswa.

 

  1. Pendekatan Keterampilan Proses

Pendekatan keterampilan proses adalah wawasan atau anutan penembangan keterampilan-keterampilan intelektual, sosial, dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang prinsipnya telah ada dalam diri siswa.

Pendekatan keterampilan proses terdiri dari keterampilan-keterampilan dasar dan keterampilan-keterampilan terintegrasi. Keterampilan-ketermpilan dasar meliputi mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan keterampilan-keterampilan terintegrasi meliputi: mengenali variabel, membuat tabel data, membuat grafik, menggambarkan hubungan antar variabel, mengumpulkan dan menglah data, menganalisis penelitian, menyusun hipotesis dan bereksperimen.

  1. Pendekatan Konstektual
  2. Pengertian Penekatan Konstektual

Menurut Nurhadi (2003:5), pendekatan konstekttual adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya lingkungan alamiah untuk diciptakan dalam proses belajar agar kelas lebih hidup dan bermakna karena siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.

  1. Pemikiran tentang Belajar dan Peran Pembelajaran Konstektual

Beberapa kecenderungn pemikiran pemikiran dalam teori belajar yang mendasari filosofi pembelajaraan konstektual, sebagai berikut:

  1. Proses Belajar
  2. Belajar tidak hanya sekedar menghafal.
  3. Siswa belajar dari mengalami.
  4. Pengetahuan tidak dapat dipisah-pisahkan menjadi fakta-fakta atau preposisi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan.
  5. Siswa perlu dibiasakan memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide-ide.
  6. Siswa sebagai Pebelajar dan Guru sebagai Pembelajar
  7. Manusia mempunyai kecenderungan untuk belajar dalam bidang tertentu dan seorang anak mempunyai kecenderungan belajar dengan cepat tentang hal-hal baru.
  8. Strategi belajar penting terutama dalam hal-hal sulit.
  9. Peran guru membantu untuk menghubungkan antara materi baru dengan pengetahuan awal siswa.
  10. Lingkungan Belajar
  11. Belajar efektif dimulai dari lingkungan belajar yang berpusat pada siswa.
  12. Umpan balik penting bagi siswa dengan menggunakan proses penilaian yang benar.
  13. Menumbuhkan komunitas belajar dalam bentuk kerja kelompok.

 

  1. Prinsip Penerapan Pendekaan Konstektual

Berkaitan dengan faktor kebutuhan individu siswa untuk menerapkan pembelajaran konstektual guru perlu memegang prinsip pembelajaran sebagai berikut:

  1. Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan mental siswa.
  2. Membentuk kelompok belajar yang saing bergantung.
  3. Menediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri.
  4. Mempertimbangkan keragaman siswa.
  5. Memperhatikan keragaman intelegensi siswa.
  6. Menggunakan teknik-teknik bertanya.
  7. Meerapkan penilaian autentik.

 

  1. Kedudukan Pendekatan Konstektual dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kontektual merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang berpiak pada keinginan untuk menghidupkan kelas. Kelas yang hidup adalah kelas yang memperdayakan siswa daam segala aktivitas belajar untuk mencpai kommpetensi yang diinginkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s